Minggu, 05 September 2010

SEJARAH KOMPUTER


Komputer pertama adalah orang-orang!Artinya, komputer elektronik (dan komputer mekanis sebelumnya) diberi nama ini karena mereka melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah ditugaskan kepada orang-orang. "Komputer" awalnya nama pekerjaan: itu digunakan untuk menggambarkan manusia (terutama perempuan) yang tugasnya adalah untuk melakukan perhitungan berulang-ulang diperlukan untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik pasang, dan planet posisi untuk almanacs astronomi.
Bayangkan Anda memiliki pekerjaan mana jam demi jam, hari demi hari, kau lakukan apa-apa kecuali menghitung perkalian-perkalian. Kebosanan akan segera ditetapkan dalam, mengarah ke kecerobohan, menyebabkan kesalahan. Dan bahkan pada hari terbaik, Anda tidak akan menghasilkan jawaban yang sangat cepat. this task. Oleh karena itu, penemu telah mencari selama ratusan tahun cara untuk mekanisasi (yaitu mencari mekanisme yang dapat melakukan) tugas ini.


This picture shows what were known as "counting tables" [photo courtesy IBM] Gambar ini menunjukkan apa yang dikenal sebagai "tabel menghitung" courtesy foto [IBM]



A typical computer operation back when computers were people. Sebuah operasi komputer biasa kembali ketika komputer adalah orang-orang.
. Sempoa merupakan bantuan awal untuk perhitungan matematis.hanya nilai adalah bahwa alat bantu memori melakukan perhitungan manusia.Seorang operator abacus yang terampil dapat bekerja pada penjumlahan dan pengurangan masalah dengan kecepatan orang dilengkapi dengan kalkulator tangan (perkalian dan pembagian lebih lambat).sempoa ini sering keliru dikaitkan ke Cina. . Bahkan, sempoa tertua digunakan di 300 SM oleh Babel. . abacus masih digunakan sekarang, terutama di ujung timur.  f. Sebuah sempoa modern terdiri dari cincin yang slide atas batang kecil, tapi yang lebih tua digambarkan di bawah tanggal dari saat kerikil digunakan untuk menghitung (kata "kalkulus" berasal dari bahasa Latin untuk kerikil).



A very old abacus Yang sangat tua sempoa



A more modern abacus. Yang lebih modern sempoa. Note how the abacus is really just a representation of the human fingers: the 5 lower rings on each rod represent the 5 fingers and the 2 upper rings represent the 2 hands. Perhatikan bagaimana sempoa adalah benar-benar hanya sebuah representasi dari jari manusia: semakin rendah cincin 5 pada batang masing-masing mewakili 5 jari dan 2 cincin atas mewakili 2 tangan.
Pada 1617 sebuah eksentrik (beberapa mengatakan gila) Skotlandia bernama John Napier menemukan logaritma, yang merupakan teknologi yang memungkinkan multiplikasi yang dilakukan melalui penambahan. Bahan sihir adalah logaritma dari tiap operand, yang semula diperoleh dari tabel dicetak. . Namun Napier juga menemukan alternatif untuk tabel, di mana nilai-nilai logaritma dipahat pada gading tongkat yang sekarang disebut Napier's Bones.




An original set of Napier's Bones [photo courtesy IBM] Sebuah set asli Napier's kesopanan foto [Bones IBM]



A more modern set of Napier's Bones Satu set yang lebih modern dari Napier's Bones
Penemuan Napier's dipimpin langsung kepada aturan slide, pertama yang dibangun di Inggris pada tahun 1632 dan masih digunakan pada 1960-an oleh para insinyur NASA dari Mercury, Gemini, dan program-program Apollo yang mendarat di bulan laki-laki.



A slide rule Aturan slide
Leonardo da Vinci (1452-1519) gambar yang terbuat dari mesin hitung didorong-gear tapi sepertinya tidak pernah dibangun apapun.



  Seorang Leonardo da Vinci menunjukkan gambar gigi diatur untuk komputasi
Mesin-driven menghitung gigi pertama yang sebenarnya dibangun mungkin menghitung jam, sehingga dinamakan penemu, profesor Jerman Wilhelm Schickard pada tahun 1623.  Perangkat ini mendapat sedikit publisitas karena Schickard meninggal segera sesudahnya dalam wabah pes.



  Clock Schickard's Menghitung Jam
Pada tahun 1642 Blaise Pascal, pada usia 19, menciptakan Pascaline itu sebagai bantuan untuk ayahnya yang adalah seorang pemungut pajak.Pascal dibangun 50 dari ini-fungsi kalkulator yang digerakkan oleh satu roda gigi (hanya bisa menambahkan) tapi tidak bisa menjual banyak karena biaya terlalu tinggi mereka dan karena mereka benar-benar tidak akurat (pada waktu itu tidak mungkin untuk membuat gigi dengan presisi yang diperlukan).Sampai zaman sekarang ketika dashboard mobil pergi digital, odometer bagian dari speedometer mobil yang digunakan sama sekali sebagai mekanisme untuk kenaikan Pascaline roda berikutnya setelah setiap revolusi penuh roda sebelumnya.Pascal adalah seorang anak ajaib.Pada usia 12, ia ditemukan melakukan versinya yang tiga puluh detik proposisi Euclid di lantai dapur.Pascal melanjutkan untuk menemukan teori probabilitas, pers hidrolik, dan jarum suntik.  Ditunjukkan di bawah ini adalah angka versi 8 dari Pascaline, dan dua pandangan digit versi 6:



  Pascal's Pascaline [photo © 2002 IEEE]



A 6 digit model for those who couldn't afford the 8 digit model Model 6 digit bagi mereka yang tidak mampu model 8 digit



A Pascaline opened up so you can observe the gears and cylinders which rotated to display the numerical result Sebuah Pascaline membuka sehingga Anda dapat mengamati roda gigi, dan silinder yang diputar untuk menampilkan hasil numerik
CARA KERJA KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa   Latin   yaitu    Com put are yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut
1. MenurutH amache r, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
           -MenurutBlissme ,komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: menerima input; memproses input tadi sesuai dengan programnya; menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
FUNGSI KOMPUTER
“CPU”
Prosesor dikenal dengan otak dari komputer. Tetapi pada kenyataannya pernyataan tersebut kurang begitu tepat. Processor hanyalah sebuah alat hitung yang tepat. Seperti penambahan, pengurangan, perkalian atau pembagian nomor. Ada dua bagian dalam sebuah prosesor yang melakukan perhitungan.
Bagian pertama disebut unit integer, tugas dari unit integer adalah mengatasi nomor sederhana, seperti -5, 13, ½ dan lainnya dan tugas utamanya digunakan untuk aplikasi bisnis, seperti aplikasi Word, Spreadsheet dan Window Desktop. Dan bagian prosessor lainnya disebut Unit  Floating Point.
Tugas dari Unit ini mengatasi nomor-nomor yang cukup sulit, seperti akar, pi, “e.” dan logaritma. Bagian ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan games 3D, menghitung posisi pixel, dan gambar. Dalam beberapa tahun ini processor intel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan processor lainnya, tetapi lambat laun proseccor AMD Athlon telah menjadi pesaing yang ketat untuk intel.
HD
Hardisk adalah perangkat metal yang biasanya ada di dalam sebuah komputer. Alasan utama dari sebuah komputer memiliki perangkan Hardisk adalah karena Hardisk merupakan satu-satunya perangkat yang bisa menyimpan data pada saat komputer tidak dalam keadaan menyala (tentunya disamping beberapa perangkat penyimpanan external lainnya).
Random Access Memory

RAM
RAM merupakan perangkat yang cukup membingungkan dibandingkan dengan Hardisk, karena kedua-duanya merupakan tempat penyimpnan data, tetapi keduanya sangat berbeda. RAM adalah chip yang dapat  menampung data, jadi hanya menampung  saja tanpa menyimpan data tersebut.
RAM memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itulah yang membuat RAM memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Hardisk, dan hal itu pulalah yang menyebabkan mengapa RAM tidak digunakan sebagai tempat penyimpanan dana utama, RAM digunakan sebagai penghubung antara Hard Drive dan processor.
Jika Processor membutuhkan data dari Hardisk, maka chipset akan mengambil data dari Hardisk dan kemudian menyimpannya pada RAM atau memori, dan kemudian processor akan dapat mengambil data tersebut dengan cepat.
Jika komputer berjalan di luar ruang RAM, hal tersebut akan menimbulkan yang namanya “Virtual RAM”. Virtual RAM adalah sebutan untuk ekstensi RAM yang ada pada sebuah hardisk. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Hardisk memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan RAM, sehingga apabila komputer mendapatkan data langsung dari hardisk, maka komputer akan berjalan dengan begitu lambat.

Cache "L1,and L2"
Cache adalah RAM dengan kecepatan tinggi. Cache menyimpan data umum dan intruksi dari processor sehingga Cache tidak perlu melalui RAM dalam proses  pengiriman data. Dan itulah penyebab mengapa modem pada komputer saat ini dapat berjalan dengan sangat cepat.
Tanpa Cache, akan banyak processor yang memiliki keterbatasan dalam proses pengiriman data berdasarkan kecepatan RAM, dan lebih buruknya lagi komputer dapat berjalan dengan sangat lambat. Cache dibagi menjadi dua bagian level. Level pertama adalah L1 yang memiliki ukuran dari 32 KB hingga 128 KB.
Cache terbagi pada bagian tengah, di dalam CPU Core, disamping integer dan pada bagian Unit Floating Point, setengah bagian menyimpan data, dan setengah bagian lainnya menyimpan intruksi yang digunakan processor untuk membawa data. Level kedua cari chache disebut L2, ini digunakan hanya untuk data. Beberapa L2 cache berada di dalam motherboard dan ada pula yang berada di dalam bagian CPU. Cache Level 2 saat ini berada di dalam CPU, bersamaan dengan Cache Level 1.

The Chipset
Chipset adalah bagian terpenting dari komputer. Chipset dapat mengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset.
Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus.  Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.

0 komentar:

Posting Komentar